Jumat, 18 Maret 2022

PTK Think Pair Share

Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share (TPS) Pada Siswa Kelas XI TKJ 3 Semester Ganjil SMK Negeri 1 Manggis

Oleh:
Drs. I Wayan Mustika
SMK Negeri 1 Manggis

ABSTRAK

        Tujuan penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas XI Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ 3) Semester Ganjil SMK Negeri 1 Manggis Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 39 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus dengan materi pelajaran meliputi pada siklus I tentang 7.4 Menguasai pengaruh kalor terhadap zat dan pada siklus II tentang 8.1 Menguasai hukum fluida statis. Data hasil penelitian berupa Aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan dengan metode observasi yang menggunakan format observasi dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari skor rata-rata 1,80 dengan katagori kurang aktif pada siklus I menjadi katagori cukup aktif pada siklus II dengan skor rata-rata 2,01 . Untuk hasil belajar mengalami peningkatan dari sebelum penelitian dengan rata- rata 62,00 menjadi 66,93 pada siklus I dan 73,25 pada siklus II dengan ketuntasan yang dicapai 65.67 % sebelum penelitian menjadi 77 % pada siklus I dan 87 % pada siklus II dari klasifikasi tuntas belum tuntas menjadi tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share (TPS), Aktivitas Siswa, dan Hasil Belajar Fisika.

Artikel ini telah terbit di Jurnal Wahana Chitta STKIP Suar Bangli 2021 dengan p-ISSN: 2338-6231 dan e-ISSN: 2620-5033 Vol.7, No.1 Edisi Pebruari 2021

Selengkapnya dapat diunduh DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Makromolekul I

PENGANTAR             Kerjakan soal makromolekul berikut sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Ingat jangan sampai salah memasuka...