RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA Terapan
Kelas / Semester : X / I
Kompetensi Keahlian : Perhotelan dan Tata Boga
Materi Pokok : Makromolekul Protein
Alokasi Waktu : 1 x 3 jp (120 menit)
A. Kompetensi
Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) |
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) |
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar
Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. |
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang
Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
|
KD 3.5 |
KD 4.5 |
|
Menganalisis Makromolekul karbohidrat, lemak, dan
protein di bidang pariwisata |
Menguji secara kualitattif kandungan karbohidrat,
lemak, dan protein dalam bahan manakan yang digunakan di bidang pariwisata. |
|
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
|
3.5.1 Menjelaskan definisi protein 3.5.2 Menganalsisi jenis-jenis protein 3.5.3 Menganalisis struktur protein 3.5.4 Menganalisis sifat-sifat protein 3.5.5 Menganalisis fungsi protein 3.5.6 Menganalisis sumber-sumber protein
pada makanan |
4.5.1 Membuat Mind
Mapp tentang protein |
B. Tujuan Pembelajaran
Melalui
pembelajaran daring dengan model Discovery
Learning tentang makromolekul,
peserta didik diharapkan mampu menganalisis makromolekul karbohidrat, lemak,
dan protein di bidang pariwisata dan menguji secara kualitatif kandungan
karbohidrat, lemak, dan protein dalam bahan makanan yang digunakan di bidang
pariwisata secara tepat kritis, kreatif, sekaligus dengan sikap jujur, peduli,
dan bertanggungjawab.
C. Materi Inti
1. Pengetahuan Faktual
Gambar 02.
Berbagai Bahan Makanan yang Mengandung Protein
Makanan
yang mengandung anyak protein sangat banyak ragamnya, mulai dari daging, telur,
susu dan olahannya, ikan, siput, kerang, kepiting, udang, dan bermacam kacang.
Daging dan telur dihasilkan oleh hewan ternak, ikan dapat diperoleh dari air
tawar maupun air laut. Kacang diperoleh dari beragam biji.
2. Pengetahuan Konseptual
a)
Pengertian
Protein
Asam amino kompleks
b) Jenis Protein
1) Protein
Sempurna
2) Protein
Kurang Sempurna
3) Protein
Tidak Sempurna
c)
Struktur Protein
1) Struktur
Primer
2)
Struktur Sekunder
3)
Struktur Tertier
4)
Struktur Kuartener
d) Sifat-sifat Protein
1) Denaturasi
2) Koagulasi
3) Browning
e)
Fungsi
Protein
1) Pertumbuhan
dan pemeliharaan struktur tubuh, sel, jaringan, dan organ
2) Penyeimbang
carian asam-basa tubuh (amfoter)
3) Biokatalisator
4) Buffer
5) Penyedia
energi
6) Pembentuk
Hormon, ezim, antibodi, dan kromosom
7) Detoksifikasi
f)
Sumber
Protein
1) Protein
Hewani
2) Protein
Nabati
3. Pengetahuan Prinsip
Protein
sangat dibutuhkan saat pertumbuhan, terutama pada balita dan anak-anak. Untuk
orang dewasa protein diperkukan untuk meregenerasi sel yang rusak. Dengan
demikian, asupan protein dengan asam amino yang lengkap merupakan syarat untuk
mendapatkan kualitas tubuh yang sehat. Rata-rata makan telur satu butir tiap
hari.
4. Pengetahuan Prosedural
Menguji
keberadaan protein pada berbagai jenis bahan makanan/makanan jadi yang siap
disantap dengan menggunakan bahan kimia tertentu. Lakukan pengujian secara
sederhana sesuai dengan cara-cara yang telah dibakukan.
D. Pendekatan, Model, Metode dan
Strategi Pembelajaran
a.
Pendekatan :
Embeded STEAM (Sains, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics)
b.
Model :
Pembelajaran Daring Model Discovery Learning
c.
Metode :
Ceramah, Penugasan, Diskusi, Presentasi
d.
Strategi :
Penugasan-Ceramah-Diskusi -Presentasi-Diskusi
E. Media Pembelajaran
Media yang
digunakan terdiri dari:
1.
Aplikasi Office PowerPoint Presentation
2.
Aplikasi WhatsApp
3.
Google Meet
4.
Google Classroom
5.
Google Form
F. Kegiatan Pembelajaran Discovery Learning
1. Kegiatan Pendahuluan (10
menit).
a)
Pada Google Meet guru bersama peserta
didik saling memberi dan menjawab salam pembuka dengan sopan dan santun.
b)
Guru bersama peserta didik berdoa bersama
sebelum memulai pembelajaran yang dipimpin oleh ketua kelas secara tertib dan
disiplin.
c)
Guru menanyakan kehadiran peserta didik di
Google Meet dan peserta didik menjawab dengan sopan. Selain itu, guru juga
membagikan link absensi https://forms.gle/XXvD3eSSQ8NWmfwD6
di
ruang Chat dari Google Meet dan peserta didik mengisi absensi dengan tepat
waktu.
d)
Guru dan peserta didik secara bersama-sama
mengucapkan yel SMK BISA, SMK HEBAT, SKANESAM JAYA.
e)
Guru bersama peserta didik menyanyikan
lagu Indonesia Raya.
f)
Sebagai apersepsi guru memberikan cerita
ilustrasi tentang pentingnya konsumsi protein yang mencukupi dalam kehidupan
sehari-hari. Ceritanya adalah ketika seseorang sedang terluka, maka protein
akan tembentuk menutup luka tersebut. Peserta didik menyimak dengan baik.
g)
Guru menyampaikan indikator pencapaian dan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, yaitu konsep tentang definisi, jenis, struktur, sifat
dan sumber protein.
h)
Guru bersama siswa menyepakati melakukan
pembelajaran selanjutnya adalah dengan memasuki room di Google Classroom.
2. Kegiatan Inti (95 menit)
a)
Stimulasi
1)
Pada Google Classroom, guru membagikan
video berbagai jenis makanan yang mengandung protein melalui link youtube
berikut.
https://www.youtube.com/watch?v=_vCABhfsLZI
dan https://www.youtube.com/watch?v=HSCUAjZQhXI
yang dilanjutkan dengan membagikan materi protein melalui link https://pustakaekasulantara.blogspot.com/2020/09/protein-kata-protein-merupakan-berasal.html dan melalui PowerPoint di
link:
https://slideplayer.info/slide/4012760/
2)
Peserta didik menyimak tayangan video dan
secara cermat membaca materi pada web blog dan powerpoint yang sudah tersebut
dengan penuh perhatian, disiplin, dan tertib.
3)
Guru tetap memantau dan mengarahkan
peserta didik dalam mencermati link supaya waktu yang disediakan dapat
terlaksana dengan baik.
b)
Identifikasi Masalah
1)
Melalui kolom diskusi pada Google
Classroom, guru memotivasi peserta didik untuk mengemukakan permasalahan dengan
cara mengajukan pertanyaan / pernyataan terkait dengan tayangan video dan bahan
bacaan tentang lemak.
2)
Peserta didik mengajukan pertanyaan yang
berbobot dengan sopan dan santun. Misalkan: Kenapa protein dapat dikatakan
menyembuhkan luka?
3)
Guru mengakomodasi, mengkoleksi, dan
membagikan pertanyaan-pertanyaan yang berbobot dari peserta didik untuk
diketahui peserta didik yang lain berkaitan dengan lemak sebagai bahan diskusi.
c)
Pengumpulan
Data
1)
Guru memfasilitasi peserta didik menyelesaikan
masalah-masalah dari pertanyaan-pertanyaan yang berbobot sesuai dengan
indikator melalui kegiatan pendampingan berkaitan dengan konsep lemak melalui
aplikasi WhatsApp Group dan kolom diskusi di Google Classroom.
2)
Dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp,
peserta didik bersama kelompoknya bekerja sama mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber yang tersedia tentang definisi, jenis, struktur, sifat dan
sumber protein secara cermat, komunikatif, penuh semangat dan tanggungjawab.
d)
Pengolahan
Data
1)
Melalui WA Group dan/atau kolom diskusi di
Google Classroom, guru memberikan kesempatan dan membimbing peserta didik untuk
mendiskusikan berbagai kemungkinan jawaban dari permasalahan tentang definisi,
jenis, struktur, sifat dan sumber protein dengan terampil membuat Mind Map.
2)
Peserta didik melakukan diskusi dan
membuat Mind Map dan deskripsi
jawabannya secara menyeluruh dengan menyusun konsep-konsep hasil dari studi
literaturnya dengan penalaran tinggi secara rinci, sistematis, dan cermat.
3)
Setelah peserta didik selesai membuat Mind Map dan deskripsi dengan waktu yang
telah ditentukan, guru meminta peserta didik untuk kembali masuk ke Google Meet
dengan link baru yang dibagikan oleh guru melalui aplikasi WhatsApp Group.
e)
Verifikasi
(daring
sinkron)
1)
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
melakukan presentasi di Google Meet secara bergiliran.
2)
Peserta didik bersama kelompoknya
mengkomunikasikan dengan cara mempresentasikan Mind Map dan hasil diskusinya secara santun. Peserta didik dari
kelompok lain menanggapi dengan tertib, sopan, dan santun.
3)
Guru memandu presentasi dan diskusi dari
peserta didik dan sambil memberikan penguatan / penekanan pada poin penting
dari materi tentang definisi, jenis, struktur, sifat dan sumber protein.
f)
Generalisasi
1)
Di Google Meet, guru mengarahkan peserta
didik untuk membuat kesimpulan materi dari hasil diskusi tentang definisi,
jenis, struktur, sifat dan sumber protein hasil diskusi kelompoknya setelah
presentasi dilakukan.
2)
Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil
diskusi kelompoknya berdasarkan diskusi kelas sesuai arahan dari guru.
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat
kesimpulan dari hasil presentasi dan diskusi, tentang permasalahan tentang Kesimpulan
termasuk refleksi kegiatan belajar hari ini di Google Meet, Google Clasroom,
WhatsApp Group, serta proses presentasi dan diskusinya.
b.
Guru bersama-sama peserta didik
menyepakati kesimpulan yang dibuat dengan penekanan-penekanan pada bagian
tertentu.
c.
Guru memberikan link post test tentang
lemak dengan memanfaatkan aplikasi Google Formulir dan peserta didik menjawab
soal pada post test tersebut dengan teliti dan tetap waktu.
d.
Guru menyampaikan kegiatan belajar pada
pertemuan berikutnya, yaitu tentang praktikum uji bahan makanan.
e.
Guru bersama peserta didik melakukan doa
penutup yang dipimpin langsung oleh ketua kelas.
f.
Guru dan peserta didik menyampaikan salam
penutup secara bersama-sama.
g.
Guru bersama peserta didik sign out
dari Google Meet.
G. Sumber Belajar
a.
Buku Siswa IPA Terapan 1. SMK Kelas X.
Ahmad Efendi, dkk. Ciawi-Bogor. Yudistira (Anggota IKAPI). Mei 2014.
b.
File PowerPoint Presentasion tentang lemak
pada link:
https://slideplayer.info/slide/4012760/
c.
Video jenis-jenis karbohidrat yang dapat
didownload pada link:
Lemak https://www.youtube.com/watch?v=_vCABhfsLZI
dan https://www.youtube.com/watch?v=HSCUAjZQhXI
d.
Materi Lemak yang dapat diunduh pada link:
e.
https://pustakaekasulantara.blogspot.com/2020/09/protein-kata-protein-merupakan-berasal.html
H. Penilaian Proses dan Hasil
Pembelajaran
a.
Jenis Assessment : Autentic Assessment
b.
Teknik Assessment : Pengamatan, Tes Tertulis
c.
Bentuk dan Instrumen Assessment : (Terlampir)
d.
Pedoman Penskoran : (Terlampir)
I.. Remidial dan Pengayaan
a.
Remidial:
Remidial dilakukan setelah melakukan
analisis formatif dari peserta didik dan sesuai dengan indikator yang belum
tuntas. Ketentuannya adalah:
1)
Remidial Kalsikal dilakukan jika lebih
dari 50% peserta didik penguasaan materinya di bawak KKM
2)
Remidial Kelompok dilakukan jika peserta
didik penguasaan materinya antara 20% hingga 50% di bawah KKM
3)
Remidial Perorangan dilakukan jika kurang
dari 20% peserta didik penguasaan materinya dibawah KKM
b.
Pengayaan:
Pengayaan dilakukan dengan memberikan Materi
Pengembangan atau materi pendalaman ke peserta didik. Materi ini dapat berupa
artikel atau jurnal penelitian terbaru kasus yang sedang hangat dibicarakan.
Antiga, 10 Juli
2021
Mengetahui Guru
Mata Diklat
Kepala
SMK N 1 Manggis, IPA
Terapan,
I
Nyoman Wage, S.Pd. I
Made Eka Sulantara, S.Pd., M.Pd.
NIP.
197101162005011011 NIP.
A. Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis (Tes Otentik)
2.
Prosedur Penilaian:
|
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik Penilaian |
Waktu Penilaian |
|
1. |
Sikap a.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran peluang. b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok dan melakukan percobaan. c.
Toleran
terhadap proses dan selesaian pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. |
Pengamatan |
Selama
pembelajaran dan saat diskusi dan melakukan percobaan |
|
2. |
Pengetahuan a. Menjelaskan cara menyajikan (menemukan) semua
kemungkinan yang mungkin muncul dari suatu fenomena secara tepat,
sistematis, dan kreatif. b. Menentukan banyak kemungkinan yang mungkin
muncul dari suatu fenomena secara tepat, sistematis, dan menggunakan
simbol yang benar. |
Pengamatan dan tes |
Penyelesaian
kelompok |
|
3. |
Keterampilan Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan penyajian semua
kemungkinan yang mungkin muncul dari suatu fenomena dan menentukan banyak
darisemua kemungkinan tersebut. |
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (kelompok) dan saat diskusi |
B. Instrumen Penilaian Hasil belajar
Tes
tertulis
1. Jelaskan tentang konsep protein!
2. Analisislah perbedaan dari daging unggas dan
daging merah!
3. Jelaskanlah dengan analisis, mengapa protein
dikatakan berfungsi sebagai penyembuh luka?
4. Buatlah uraian dengan analisisa yang tepat,
mengapa protein bisa menyebabkan alergi, seperti saat ada orang memakan telur
ayam merah?.
5. Jelaskan dengan contoh, mengapa protein dapat
mengalami koagulasi?
Catatan:
Penskoran
bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban
akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman,
komunikasi saintifik (ketepatan penggunaan bahasa), penalaran (logika), serta
ketepatan strategi memecahkan masalah.
RUBLIK
PENILAIAN
AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
Mata
pelajaran : Pertemuan
ke :
Kelas : Hari/tanggal :
Semester : Topik :
a) Afektif
(1) Antusiasme
siswa dalam pembelajaran
|
Skor |
Kriteria |
|
4 |
Siswa
memperhatikan pembelajaran dengan seksama selama PBM berlangsung |
|
3 |
Siswa
memperhatikan pembelajaran dengan seksama hampir selama PBM berlangsung |
|
2 |
Siswa
kurang memperhatikan pembelajaran dengan seksama dalam PBM berlangsung |
|
1 |
Siswa
tidak memperhatikan pembelajaran dengan seksama dalam PBM berlangsung |
(2) Kerjasama
siswa dalam kelompok
|
Skor |
Kriteria |
|
4 |
Siswa
bekerja sama dengan baik dengan anggota kelompok yang lain dan aktif dalam
kelompok |
|
3 |
Siswa
bekerja sama dengan baik dengan anggota kelompok yang lain namun kurang aktif
dalam kelompok |
|
2 |
Siswa
kurang bekerja sama dengan anggota kelompok yang lain |
|
1 |
Siswa
tidak pernah bekerja sama dengan anggota kelompok yang lain |
(3) Antusiasme
siswa dalam bertanya
|
Skor |
Kriteria |
|
4 |
Siswa
dapat mengajukan pertanyaan secara jelas, lengkap, dan ilmiah. |
|
3 |
Siswa
dapat mengajukan pertanyaan secara jelas, lengkap, namun sedikit unsur
ilmiahnya |
|
2 |
Siswa
dapat mengajukan pertanyaan secara jelas, namun kurang lengkap |
|
1 |
Siswa
kurang dapat mengajukan pertanyaan secara jelas |
(4) Antusiasme
siswa dalam menjawab pertanyaan
|
Skor |
Kriteria |
|
4 |
Siswa
berusaha menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh siswa lain atau guru |
|
3 |
Siswa
berusaha menjawab pertanyaan yang disampiakan siswa lain atau guru jika
diminta |
|
2 |
Siswa
kurang berusaha menjawab masalah atau pertanyaan yang disampaikan siswa lain
atau guru walaupun diminta |
|
1 |
Siswa
tidak berusaha menjawab masalah atau pertanyaan yang disampaikan siswa lain
dan guru walaupun diminta |
b)
Kognitif
Antusiasme dalam pembuatan tugas yang
diberikan
|
Skor |
Kriteria |
|
4 |
Dapat
membuat tugas dengan benar |
|
3 |
Dapat
membuat tugas tetapi kurang benar |
|
2 |
Dapat
membuat tugas tetapi tidak benar |
|
1 |
Tidak
membuat tugas |
c)
Psikomotor
Lembar
Observasi Psikomotor
|
Skor |
Kriteria |
|
4 |
Siswa mampu memecahkan masalah dengan
baik |
|
3 |
Siswa mampu memecahkan masalah dengan
baik namun masih memerlukan bantuan dari guru |
|
2 |
Siswa mampu memecahkan masalah dengan
bantuan dari guru namun belum 100 persen benar |
|
1 |
Siswa kesulitan memecahkan masalah
walaupun sudah mendapat bantuan dari guru |
Keterangan:
a. Untuk
skor 4 rentang 85-95
b. Untuk
skor 3 rentang 75-85
c. Untuk
skor 2 rentang 65-75
d. Untuk
skor 1 rentang 60-65
LEMBAR OBSERVASI PRESENTASI
Hari/Tanggal :
Topik :
Kelompok :
|
No |
Aspek
Penilaian |
Skor |
||
|
3 |
2 |
1 |
||
|
1 |
Keaktifan
anggota kelompok |
Semua
anggota aktif dalam persentasi |
Beberapa
anggota kelompok yang aktif persentasi |
Hanya
satu orang yang aktif persentasi |
|
2. |
Keaktifan
menjawab saat persentasi |
Siswa
aktif menjawab pertanyaan dan benar
jawabannya |
Siswa
kadang - kadang menjawab pertanyaan dan benar jawabannya |
Siswa
jarang menjawab pertanyaan dan benar jawabanya |
|
3. |
Keaktifan
dalam diskusi kelompok |
Siswa
aktif dalam diskusi dan ada interaksi |
Siswa
aktif berdiskusi dan sedikit interaksi |
Siswa
kurang aktif berdiskusi dan sedikit interaksi |
|
4. |
Kesesuaian
penyajian dengan isi laporan |
Penyampaian
hasil sesui dengan perktikum yang
dilakukan |
Penyampaian
hasil kurang sesuai dengan perktikum
yang dilakukan |
Penyampaian
hasil tidak sesuai dengan hasil praktikum yang dilakukan |
Keterangan :
a.
Untuk skor 3
rentangan 86 – 100
b.
Untuk skor 2
rentangan 71 - 85
c.
Untuk skor 1
rentangan 60-70
Lembar
Observasi Persentasi:
Hari/Tanggal :
Topik :
|
No |
Kelompok |
Aspek
yang dinilai |
Jumlah |
Rerata |
|||
|
1
(Apektif) |
2
(Kognitif) |
3
(Psikomotor) |
4
(Presentasi) |
||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Antiga, 10 Juli
2021
Mengetahui Guru
Mata Diklat
Kepala
SMK N 1 Manggis, IPA
Terapan,
I
Nyoman Wage, S.Pd. I
Made Eka Sulantara, S.Pd., M.Pd.
NIP.
197101162005011011 NUPTK.
9544760662200002
Materi selengkapnya dapat DIUNDUH dalam bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar