SILABUS
MATA PELAJARAN: IPA TERAPAN
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
SEMESTER 1 (SATU) |
|||||
|
1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya. 2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percayadiri, dan sikap toleransi
dalam perbedaan
strategi berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika. 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan. |
|
1.
Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya. 2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap
toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku
jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas
belajar matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa
ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan. |
|
|
|
|
3.1 Memahami konsep besaran fisika dan
pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting) |
Besaran Fisika dan Pengukurannya ·
Ketepatan ·
Ketelitian ·
Aturan angka penting |
Mengamati ·
Daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan
satuan yang digunakan secara individu, termasuk yang berlaku di
daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk
ukuran panjang: tumbak di Jawa
Barat). ·
Beberapa alat ukur panjang,
massa dan waktu yang ada di sekitar (contoh : mistar milimeter, jangka sorong,
mikrometer, timbangan/neraca lengan/neraca pegas, dan stopwatch) dan menemukan cara bagaimana alat tersebut
bekerja/digunakan Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan cara menggunakan alat ukur, cara membaca skala, dan cara menuliskan hasil pengukuran ·
Mengajukan
pertanyaan aspek ketelitian, ketepatan, dan alat dalam mengukur Eksperimen/eksplorasi ·
Melakukan studi pustaka mengenai konsep besaran fisika dan pengukurannya
(ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting). ·
Mengukur
masa jenis benda yang digunakan di bidang pariwisata (pengukuran dilakukan satu kali) dengan menggunakan:
buah atau sayuran atau serealia/ kain/bahan kosmetik/penghapus (dilakukan
berulang dengan ukuran beda dan jenis yang sama) secara berkelompok dengan menggunakan mistar milimeter,
jangka sorong/ mikrometer, timbangan/neraca lengan/neraca pegas, dan stopwatch. Asosiasi ·
Mengolah
data hasil pengukuran berulang dalam bentuk penyajian data, membuat grafik,
menginterpretasikan data dan grafik, dan menghitung kesalahan, serta
menyimpulkan hasil interpretasi data Komunikasi ·
Membuat
laporan tertulis mengenai konsep
besaran fisika dan pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka
penting) |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
·
Alat ukur panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar · Referensi / bahan ajar Terkait · e-dukasi.net |
|
4.1 Mengukur benda terkait dengan besaran
fisika dengan menggunakan alat ukur
dibidang pariwisata |
|||||
|
3.2 Menganalisis konsep energi, usaha, gaya, hubungan usaha dan
perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan
gerak di bidang pariwisata |
Usaha dan energi · gaya · hubungan
usaha · perubahan
energi · hukum
kekekalan energi |
Mengamati ·
Membaca/mempelajari usaha positif, usaha negatif dan usaha nol,
energi kinetik dan energi potensial Menanya ·
Mengajukan pertanyaan
tentang energi kinetik dan energi potensial (energi potensial gravitasi dan
pegas) ·
Mengajukan pertanyaan
hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial ·
Mengajukan pertanyaan
rumusan bentuk hukum kekekalan energi mekanik Eksperimen/Eksplorasi ·
Eksplorasi penerapan
hukum kekekalan energi mekanik di bidang pariwisata ·
Melakukan
studi pustaka mengenai energi, usaha, gaya,
hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi Asosiasi ·
Mengelompokan bentuk
hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai
gerak (gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet
dalam tata surya Komunikasi ·
Menyusun
laporan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi, mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
· Bahan untuk melakukan praktek · Alat untuk melakukan percobaan · Referensi yang terkait · e-dukasi.net |
|
4.2 Mengidentifikasi
berbagai konsep energy, usaha, gaya,
hubungan usaha,perubahan energy dan hukum kekekalan energy |
|||||
|
3.3 Mendeskripsikan kekuatan bahan,
tegangan permukaan , dan elastisitas di bidang pariwisata |
Kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan
elastisitas |
Mengamati ·
Peragaan benda elastis dan benda
plastis ·
Peragaan dengan menunjukkan bahan yang
kotor kemudian direndam dalam larutan sabun beberapa saat, selanjutnya
mengamati perubahan yang terjadi pada air rendamannya ·
Membaca/mempelajari Kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan
elastisitas Menanya ·
Mengajukan pertanyaan mengenai kekuatan
bahan, tegangan permukaan , dan sifat elastisitas bahan Eksperimen/Eksplorasi ·
Melakukan kajian pustaka mengenai kekuatan
bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas ·
Melakukan
praktik produktif untuk menyelidiki peristiwa kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan
elastisitas Asosiasi : ·
Melaporkan data percobaan dan membandingkan
hasil percobaan dengan referensi ·
Diskusi kelompok membahas hasil percobaan ·
Membuat laporan praktik Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil percobaan yang sudah
dilakukan. |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi, mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
·
Benda
elastik ·
Benda
plastis ·
Bahan
praktik produktif yang terkait ·
Referensi
yang terkait ·
Alat
untuk percobaan ·
e-dukasi.net |
|
4.3 Melakukan praktik produktif untuk
mengevaluasi peristiwa kekuatan bahan,
tegangan permukaan , dan elastisitas di bidang pariwisata |
|||||
|
3.4 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan
kalor di bidang pariwisata |
Suhu, Kalor dan
Perpindahan Kalor |
Mengamati ·
kondisi lingkungan sekitar yang
berkaitan dengan kalor dan perpindahan kalor. ·
Membaca/mempelajari mengenai Suhu, Kalor dan Perpindahan
Kalor Menanya ·
Mengajukan pertanyaan pengaruh kalor
terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda ·
Mengajukan pertanyaan azas Black dan
perpindahan kalor Eksperimen/eksplorasi ·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu benda, pengaruh perubahan suhu benda terhadap
ukuran benda (pemuaian), dan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi
dan radiasi ·
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda Asosiasi ·
Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan
dan menyimpulkan data proses perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan
radiasi di bidang pariwisata Komunikasi ·
Melaporkan
hasil percobaan / eksperimen |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
· Bahan untuk percobaan suhu, kalor dan
perpindahan kalor · Alat untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor · Referensi yang terkait · e-dukasi.net |
|
4.4 Mengevaluasi proses perambatan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi di
bidang pariwisata |
|||||
|
3.5 Menganalisis pengaruh suhu dan
pemuaian di bidang pariwisata |
Suhu, Kalor dan
Perpindahan Kalor |
Mengamati ·
Mengamati Peragaan tentang: pengaruh suhu dan perubahan wujud benda, conntoh ; -
Simulasi pemuaian besi -
Pemanasan es menjadi air -
Konduktivitas logam (almunium, besi,
tembaga, dan timah) Menanya ·
Mengajukan pertanyaan pengaruh suhu terhadap
perubahan wujud, dan ukuran benda Eksperimen/eksplorasi ·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh suhu terhadap perubahan wujud benda, pengaruh perubahan suhu benda
terhadap ukuran benda (pemuaian). ·
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
perubahan suhu terhadap perubahan wujud benda Asosiasi ·
Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan
dan menyimpulkan data proses perubahan suhu dan pengaruhnya terhadap
perubahan wujud benda di bidang pariwisata Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil percobaan/eksperimen |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
· Bahan untuk percobaan suhu, kalor dan
perpindahan kalor · Alat untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor · Referensi yang terkait · e-dukasi.net |
|
4.5 Mengevaluasi pengaruh suhu terhadap perubahan wujud benda |
|||||
|
3.6 Menganalisis
jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata |
Perubahan Materi |
Mengamati Mengamati jenis,
sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata, contoh : ·
Kapur
barus diletakkan dalam wadah kemudian diletakkan di atas kaki tiga dan kasa
selanjutnya dipanaskan diatas lampu spiritus ·
Es
batu dipanaskan ·
Air
sirup dalam kantong plastik kecil kemudian dimasukkan dalam pecahan es batu
dan garam kemudian digoyang-goyangkan ·
Atau
perubahan materi lainnya di bidang pariwisata Menanya : ·
Mengajukan
pertanyaan penyebab perubahan materi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Eksperimen/Eksplorasi ·
Melakukan studi pustaka mengenai jenis,
sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata ·
Melakukan
percobaan perubahan materi di bidang
pariwisata Asosiasi Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan
menyimpulkan data mengenai jenis,
sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil eksperimen |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
·
Bahan
percobaan untuk perubahan materi ·
Alat
untuk percobaan perubahan materi ·
Referensi
yang terkait ·
e-dukasi.net |
|
4.6 Mengevaluasi perubahan materi
di bidang pariwisata |
|||||
|
3.7 Mendeskripsikan jenis dan sifat dari
berbagai wujud zat dan peranannya dibidang pariwisata |
Wujud zat ·
Jenis dan sifat ·
Peranan zat |
Mengamati : ·
Membaca/mempelajari jenis dan sifat dari berbagai wujud zat ·
Dilingkungan sekitar mengenai jenis dan sifat dari berbagai wujud zat
dan peranannya dibidang pariwisata Menanya : ·
Mengajukan pertanyaan perubahan zat berdasarkan
sifat dan wujudnya. Eksperimen /Eksplorasi : ·
Melakukan kajian pustaka mengenai perubahan sifat
dan wujudnya. ·
Melakukan
praktek produktif untuk mengetahui perubahan zat berdasarkan sifat dan
wujudnya. Asosiasi : ·
Mengolah,
menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai perubahan zat berdasarkan sifat dan wujudnya. Komunikasi : · Melaporkan dan
mempresentasikan hasil percobaan |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
2 x 2 JP |
·
Beberapa jenis zat tertentu (padat dan cair) ·
Referensi terkait |
|
4.7 Mengidentifikasi jenis dan sifat zat
berdasarkan wujud dan peranannya
dibidang pariwisata |
|||||
|
SEMESTER 2 (DUA) |
|||||
|
3.8 Memahami jenis, karakteristik, lambang dan
contoh unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata |
Unsur, senyawa dan campuran |
Mengamati ·
Membaca/mempelajari
karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran ·
Perbedaan
antara unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata (contoh: dengan
menunjukkan gula, garam, air, seng, aluminium, sari buah atau unsur/
senyawa/campuran lainnya ) Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran Eksperimen/Eksplorasi ·
Melakukan kajian pustaka mengenai
jenis, karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di
bidang pariwisata ·
Melakukan praktik produktif untuk
membedakan senyawa dan campuran di bidang pariwisata Asosiasi ·
Mengolah, menyajikan,
menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di
bidang pariwi Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil percobaan
/eksperimen |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
2 x 2 JP |
·
Bahan
praktik untuk unsur, senyawa dan campuran ·
Alat
praktik untuk mendukung unsur,senyawa dan campuran. ·
Referensi
yang terkait ·
e-dukasi.net |
|
4.8 Membedakan senyawa
dan campuran melalui praktek produktif di bidang pariwisata |
|||||
|
3.9 Memahami ikatan ion dan kovalen di bidang
pariwisata |
Ikatan ion dan kovalen ·
Sifat
ikatan ion ·
Sifat
ikatan kovalen |
Mengamati ·
membaca/mempelajari ikatan ion dan kovalen ·
Daftar (tabel) ikatan
ion, ikatan kovalen dan sifat-sifatnya ·
Mengamati beberapa contoh ikatan ion dan
kovalen sesuai bidang pariwisata. Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata. ·
Mengajukan
pertanyaan contoh-contoh ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata. ·
Mendiskusikan
mengenai sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata. Eksperimen / eksplorasi : ·
Mendiskusikan
mengenai sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata. Asosiasi ·
Mengolah,
menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai ikatan ion dan kovalen Komunikasi ·
Mempresentasikan
hasil diskusi |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
2 x 2 JP |
· Referensi yang terkait · e-dukasi.net |
|
4.9 Mengklasifikasikan ikatan ion dan kovalen di bidang pariwisata |
|||||
|
3.10 Menganalisis larutan, kelarutan dan
satuan konsentrasi serta contohnya di bidang pariwisata |
Larutan dan satuan konsentrasi |
Mengamati ·
Proses
kelarutan bahan berdasarkan perbedaaan suhu, konsentrasi, jenis bahan pelarut
di bidang pariwisata Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi larutan dan kelarutan bahan ·
Mendiskusikan
faktor-faktor yang mempengaruhi Kelarutan
Eksperimen/Eksplorasi ·
Eksplorasi
untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi larutan dan kelarutan bahan ·
Melakukan
praktik proses kelarutan bahan berdasarkan perbedaaan suhu, konsentrasi,
jenis bahan pelarut di bidang pariwisata Mengasosiasi · Mengolah,
menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai larutan, kelarutan dan satuan
konsentrasi Mengkomunikasikan ·
Mempresentasikan
hasil diskusi/percobaan. |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
· Bahan praktek larutan · Alat praktek larutan · Referensi yang terkait · e-dukasi.net |
|
4.10 Membuat
larutan dengan berbagai konsentrasi di bidang pariwisata |
|||||
|
3.11 Menganalisis asam, basa
dan garam terkait dengan pengertian, sifat-sifat, jenis dan contohnya di
bidang pariwisata |
Asam, Basa dan Garam |
Mengamati ·
Berbagai
benda-benda di sekitarnya yang
mewakili kelompok asam, basa dan garam
Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan sifat-sifat asam, basa dan garam ·
Eksperimen/eksplorasi ·
Melakukan
studi pustaka mengenai sifat asam, basa dan garam. ·
Mendiskusikan
mengenai sifat-sifat asam, basa dan garam. ·
Melakukan
percobaan untuk membedakan asam, basa dan garam berdasarkan sifat-sifatnya di
bidang pariwisata Asosiasi ·
Mengolah,
menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data hasil eksperimen Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil diskusi /eksperimen |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
· Bahan praktek asam, basa dan garam · Alat praktek untuk percobaan asam, basa dan
garam · Referensi yang terkait · e-dukasi.net |
|
4.11
Mengidentifikasi sifat asam, basa dan
garam pada bahan-bahan yang digunakan di bidang pariwisata |
|||||
|
3.12 Memahami
struktur penyusun dan
komponen sel |
Struktur dan komponen sel : · sel hidup · sel mati |
Mengamati ·
Mengamati
video/gambar mengenai komponen-komponen penyusun sel serta membandingkan dengan
menggunakan referensi Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan mengenai sifat, struktur penyusun dan komposisi sel Esperimen /Eksplorasi ·
Melakukan
kajian pustaka mengenai struktur
penyusun dan komponen sel ·
Membedakan
sel berdasarkan sifat, struktur penyusun dan komposisi dengan menggunakan
referensi Asosiasi ·
Mengolah,
menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data hasil eksperimen Komunikasi ·
Mempresentasikannya
hasil diskusi/eksperimen |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
· Referensi yang terkait · e-dukasi.net |
|
4.12
Mengidentifikasi berbagai jenis sel hidup dan mati berdasarkan struktur
dan komponen sel. |
|||||
|
3.13 Memahami
jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone |
Enzim dan hormon |
Mengamati ·
Membaca/mempelajari
jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone. ·
Berbagai
peristiwa sifat, fungsi dan cara kerja enzim dan hormon Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan perbedaan antara jenis, fungsi dan cara kerja enzim dan hormon Esperimen /Eksplorasi ·
Melakukan
kajian pustaka mengenai jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone ·
Melakukan
percobaan cara kerja enzim secara sederhana Asosiasi ·
Mengolah, menyajikan,
menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan
hormone Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil eksperimen. |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
3 x 2 JP |
·
Bahan
praktek untuk enzim dan hormone ·
Alat
praktek untuk ·
Referensi
yang terkait ·
e-dukasi.net |
|
4.13
Mengidentifikasi kerja enzim dan hormone dibidang pariwisata |
|||||
|
3.14 Menerapkan
konsep difusi dan osmosis di bidang pariwisata |
Difusi dan Osmosis |
Mengamati ·
Membaca/mempelajari
konsep difusi dan osmosis ·
Berbagai
peristiwa difusi dan osmosis dibidang pariwisata Menanya ·
Mengajukan
pertanyaan perbedaan difusi dan osmosis dibidang pariwisata Esperimen /Eksplorasi ·
Melakukan kajian pustaka mengenai konsep difusi dan osmosis di bidang
pariwisata ·
Melakukan
percobaan difusi dan osmosis dibidang pariwisata. Asosiasi ·
Mengolah, menyajikan,
menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai difusi dan osmosis Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil diskusi/eksperimen |
Observasi Lembar pengamatan
sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen,
mengasosiasi,mengkomunikasikan) Portofolio Laporan tertulis
kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi Tes ·
Tes tertulis mengenai
penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur ·
Tes unjuk kerja |
2 x 2 JP |
·
Bahan
praktek difusi dan osmosis ·
Alat
praktek difusi dan osmosis ·
Referensi
yang terkait ·
e-dukasi.net |
|
4.14
Mengevaluasi peristiwa difusi dan osmosis di bidang pariwisata |
|||||
Antiga, 10 Juli 2021
Mengetahui, Guru Mata Diklat,
I Nyoman Wage, S.Pd. I Made Eka Sulantara, S.Pd., M.Pd.
Silabus ini dapat diunduh dalam bentuk PDF ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar