Jumat, 18 Maret 2022

Silabus IPA Terapan

 

SILABUS MATA PELAJARAN: IPA TERAPAN



 

 

 


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

SEMESTER 1 (SATU)

 

1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.

 

2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.

 

2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.

 

2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.

 

 

1.    Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.

 

 

2.1  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.

 

 

2.2  Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.

 

2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.

 

 

 

 

3.1 Memahami konsep besaran fisika dan pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)

 

 

 

 

 

Besaran Fisika dan Pengukurannya

·      Ketepatan

·      Ketelitian

·      Aturan angka penting

Mengamati

·         Daftar (tabel)  nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu, termasuk  yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di Jawa Barat).

·         Beberapa alat ukur panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar (contoh : mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, timbangan/neraca lengan/neraca pegas, dan stopwatch) dan menemukan cara bagaimana alat tersebut bekerja/digunakan

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan cara menggunakan alat ukur, cara membaca skala, dan cara menuliskan hasil pengukuran

·         Mengajukan pertanyaan aspek ketelitian, ketepatan, dan alat dalam mengukur

Eksperimen/eksplorasi

·         Melakukan studi pustaka mengenai konsep besaran fisika dan pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting).

·         Mengukur masa jenis benda yang digunakan di bidang pariwisata (pengukuran dilakukan satu kali) dengan menggunakan: buah atau sayuran atau serealia/ kain/bahan kosmetik/penghapus (dilakukan berulang dengan ukuran beda dan jenis yang sama) secara berkelompok dengan menggunakan mistar milimeter, jangka sorong/ mikrometer, timbangan/neraca lengan/neraca pegas, dan stopwatch.

Asosiasi

·         Mengolah data hasil pengukuran berulang dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, menginterpretasikan data dan grafik, dan menghitung kesalahan, serta menyimpulkan hasil interpretasi data

Komunikasi

·         Membuat laporan tertulis mengenai konsep besaran fisika dan pengukurannya (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·      Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

·   Alat ukur  panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar

·   Referensi / bahan ajar Terkait

·   e-dukasi.net

 

4.1 Mengukur benda terkait dengan besaran fisika  dengan menggunakan alat ukur dibidang pariwisata

 

3.2 Menganalisis konsep energi, usaha, gaya, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak di bidang pariwisata

 

Usaha dan energi

·      gaya

·      hubungan usaha

·      perubahan energi

·      hukum kekekalan energi

 

 

Mengamati

·             Membaca/mempelajari usaha positif, usaha negatif dan usaha nol, energi kinetik dan energi potensial

Menanya

·             Mengajukan pertanyaan tentang energi kinetik dan energi potensial (energi potensial gravitasi dan pegas)

·             Mengajukan pertanyaan hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial

·             Mengajukan pertanyaan rumusan bentuk hukum kekekalan energi mekanik

Eksperimen/Eksplorasi

·   Eksplorasi penerapan hukum kekekalan energi mekanik di bidang pariwisata

·   Melakukan studi pustaka mengenai energi, usaha, gaya, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi

Asosiasi

·      Mengelompokan bentuk hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak (gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam tata surya

 

Komunikasi

·         Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen, mengasosiasi,

mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·      Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

·      Bahan untuk melakukan praktek

·      Alat untuk melakukan percobaan

·      Referensi yang terkait

·      e-dukasi.net

 

 4.2 Mengidentifikasi berbagai   konsep energy, usaha, gaya, hubungan usaha,perubahan energy dan hukum kekekalan  energy

 

 

3.3 Mendeskripsikan kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas di bidang pariwisata

 

 

 

 

Kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas

Mengamati

·         Peragaan benda elastis dan benda plastis

·         Peragaan dengan menunjukkan bahan yang kotor kemudian direndam dalam larutan sabun beberapa saat, selanjutnya mengamati perubahan yang terjadi pada air rendamannya

·         Membaca/mempelajari Kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan mengenai kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan sifat elastisitas bahan

Eksperimen/Eksplorasi

·         Melakukan kajian pustaka mengenai kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas

·         Melakukan  praktik produktif untuk menyelidiki peristiwa  kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas

Asosiasi :

·         Melaporkan data percobaan dan membandingkan hasil percobaan dengan referensi

·         Diskusi kelompok membahas hasil percobaan

·         Membuat laporan praktik

Komunikasi

·         Mempresentasikan hasil percobaan yang sudah dilakukan.

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/ eksperimen, mengasosiasi,

mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·      Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

·         Benda elastik

·         Benda plastis

·         Bahan praktik produktif yang terkait

·         Referensi yang terkait

·         Alat untuk percobaan

·         e-dukasi.net

 

4.3  Melakukan praktik produktif untuk mengevaluasi peristiwa  kekuatan bahan, tegangan permukaan , dan elastisitas di bidang pariwisata

 

 

3.4  Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor di bidang pariwisata

 

Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor

 

Mengamati

·         kondisi lingkungan sekitar yang berkaitan dengan kalor dan perpindahan kalor.

·         Membaca/mempelajari mengenai Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda

·         Mengajukan pertanyaan azas Black dan perpindahan kalor

Eksperimen/eksplorasi

·         Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda,  pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian), dan  perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi

·         Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data proses perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi  di bidang pariwisata

Komunikasi

·         Melaporkan  hasil percobaan / eksperimen

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

 

·      Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

·      Bahan untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor

·      Alat untuk percobaan  suhu, kalor dan perpindahan kalor

·      Referensi yang terkait

·      e-dukasi.net

 

4.4  Mengevaluasi proses perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi  di bidang pariwisata

 

3.5 Menganalisis pengaruh suhu dan pemuaian di bidang pariwisata

Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor

 

Mengamati

·         Mengamati Peragaan tentang:

pengaruh suhu dan perubahan wujud benda, conntoh ;

-          Simulasi pemuaian besi

-          Pemanasan es menjadi air

-          Konduktivitas logam (almunium, besi, tembaga, dan  timah)

 

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan pengaruh suhu terhadap perubahan  wujud, dan ukuran benda

 

Eksperimen/eksplorasi

·         Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh suhu terhadap perubahan wujud benda,  pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian).

·         Melakukan percobaan untuk menyelidiki perubahan suhu terhadap perubahan wujud benda

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data proses perubahan suhu dan pengaruhnya terhadap perubahan wujud benda di bidang pariwisata

Komunikasi

·         Mempresentasikan  hasil percobaan/eksperimen

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·         Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

·      Bahan untuk percobaan suhu, kalor dan perpindahan kalor

·      Alat untuk percobaan  suhu, kalor dan perpindahan kalor

·      Referensi yang terkait

·      e-dukasi.net

 

4.5  Mengevaluasi pengaruh suhu terhadap  perubahan wujud benda

 

3.6 Menganalisis jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata

Perubahan Materi

Mengamati

Mengamati jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata, contoh :

·         Kapur barus diletakkan dalam wadah kemudian diletakkan di atas kaki tiga dan kasa selanjutnya dipanaskan diatas lampu spiritus

·         Es batu dipanaskan

·         Air sirup dalam kantong plastik kecil kemudian dimasukkan dalam pecahan es batu dan garam kemudian digoyang-goyangkan

·         Atau perubahan materi lainnya di bidang pariwisata

Menanya :

·         Mengajukan pertanyaan penyebab perubahan materi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Eksperimen/Eksplorasi

·         Melakukan studi pustaka mengenai jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata

·         Melakukan percobaan perubahan  materi di bidang pariwisata

Asosiasi

Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai jenis, sifat-sifat, dan contoh perubahan materi di bidang pariwisata

Komunikasi

·         Mempresentasikan hasil eksperimen

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

 

·      Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

·         Bahan percobaan untuk perubahan materi

·         Alat untuk percobaan perubahan materi

·         Referensi yang terkait

·         e-dukasi.net

 

4.6 Mengevaluasi perubahan   materi di bidang pariwisata

3.7 Mendeskripsikan jenis dan sifat dari berbagai wujud zat dan peranannya dibidang pariwisata

 

Wujud zat

·         Jenis dan sifat

·         Peranan zat

 

Mengamati :

·         Membaca/mempelajari jenis dan sifat dari berbagai wujud zat

·         Dilingkungan sekitar mengenai jenis dan sifat dari berbagai wujud zat dan peranannya dibidang pariwisata

Menanya :      

·         Mengajukan pertanyaan perubahan zat berdasarkan sifat dan wujudnya.

Eksperimen /Eksplorasi :

·         Melakukan kajian pustaka mengenai perubahan sifat dan wujudnya.

·         Melakukan  praktek produktif untuk mengetahui perubahan zat berdasarkan sifat dan wujudnya.

Asosiasi :

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai perubahan  zat berdasarkan sifat dan wujudnya.

 

Komunikasi :

·   Melaporkan dan mempresentasikan hasil percobaan

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

 

·      Tes unjuk kerja

2 x 2 JP

 

 

·         Beberapa jenis zat tertentu (padat dan cair)

·         Referensi terkait

 

 

4.7 Mengidentifikasi jenis dan sifat zat berdasarkan wujud  dan peranannya dibidang pariwisata

SEMESTER 2 (DUA)

3.8  Memahami jenis, karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata

 

Unsur, senyawa dan campuran

 

Mengamati

·          Membaca/mempelajari karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran

·          Perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata (contoh: dengan menunjukkan gula, garam, air, seng, aluminium, sari buah atau unsur/ senyawa/campuran lainnya )

Menanya

·          Mengajukan pertanyaan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran

Eksperimen/Eksplorasi

·         Melakukan kajian pustaka mengenai jenis, karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwisata

·          Melakukan praktik produktif untuk membedakan senyawa dan campuran di bidang pariwisata

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai karakteristik, lambang dan contoh unsur, senyawa dan campuran di bidang pariwi

Komunikasi

·         Mempresentasikan hasil percobaan /eksperimen

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·         Tes unjuk kerja

2 x 2 JP

·         Bahan praktik untuk unsur, senyawa dan campuran

·         Alat praktik untuk mendukung unsur,senyawa dan campuran.

·         Referensi yang terkait

·         e-dukasi.net

 

4.8 Membedakan senyawa dan campuran melalui praktek produktif di bidang pariwisata

 

3.9  Memahami ikatan ion dan kovalen di bidang pariwisata

 

Ikatan ion dan kovalen

·   Sifat ikatan ion

·   Sifat ikatan kovalen

 

 

Mengamati

·         membaca/mempelajari ikatan ion dan kovalen

·         Daftar (tabel) ikatan ion, ikatan kovalen dan sifat-sifatnya

·         Mengamati  beberapa contoh ikatan ion dan kovalen sesuai bidang pariwisata.

 

 

 

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.

·         Mengajukan pertanyaan contoh-contoh ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.

·         Mendiskusikan mengenai sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.

 

Eksperimen / eksplorasi :

·         Mendiskusikan mengenai sifat-sifat ikatan ion dan kovalen dalam bidang pariwisata.

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai ikatan ion dan kovalen

Komunikasi

·         Mempresentasikan hasil diskusi

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·         Tes unjuk kerja

2 x 2 JP

·      Referensi yang terkait

·      e-dukasi.net

 

 

4.9 Mengklasifikasikan ikatan ion dan kovalen di bidang pariwisata

 

3.10  Menganalisis larutan, kelarutan dan satuan konsentrasi serta contohnya di bidang pariwisata

 

Larutan dan satuan konsentrasi

Mengamati

·         Proses kelarutan bahan berdasarkan perbedaaan suhu, konsentrasi, jenis bahan pelarut di bidang pariwisata

 

 

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan mengenai  faktor-faktor yang mempengaruhi larutan dan kelarutan bahan

·         Mendiskusikan  faktor-faktor yang mempengaruhi Kelarutan

 

Eksperimen/Eksplorasi

·         Eksplorasi untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi larutan dan kelarutan bahan

·         Melakukan praktik proses kelarutan bahan berdasarkan perbedaaan suhu, konsentrasi, jenis bahan pelarut di bidang pariwisata

 

Mengasosiasi

·      Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai larutan, kelarutan dan satuan konsentrasi

Mengkomunikasikan

·         Mempresentasikan hasil diskusi/percobaan.

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·         Tes unjuk kerja

 3 x 2 JP

·      Bahan praktek larutan

·      Alat praktek larutan

·      Referensi yang terkait

·      e-dukasi.net

 

4.10 Membuat larutan dengan berbagai konsentrasi di bidang pariwisata

3.11 Menganalisis  asam, basa dan garam terkait dengan pengertian, sifat-sifat, jenis dan contohnya di bidang pariwisata

 

 

Asam, Basa dan Garam

Mengamati

·          Berbagai benda-benda  di sekitarnya yang mewakili  kelompok asam, basa dan garam

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan sifat-sifat asam, basa dan garam

·          

Eksperimen/eksplorasi

·         Melakukan studi pustaka mengenai sifat asam, basa dan garam.

·         Mendiskusikan mengenai sifat-sifat asam, basa dan garam.

·         Melakukan percobaan untuk membedakan asam, basa dan garam berdasarkan sifat-sifatnya di bidang pariwisata

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data hasil eksperimen

Komunikasi

·         Mempresentasikan hasil diskusi /eksperimen

 

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·         Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

·      Bahan praktek asam, basa dan garam

·      Alat praktek untuk percobaan asam, basa dan garam

·      Referensi yang terkait

·      e-dukasi.net

 

4.11 Mengidentifikasi  sifat asam, basa dan garam pada bahan-bahan yang digunakan di bidang pariwisata

 

3.12 Memahami struktur  penyusun  dan  komponen sel

Struktur dan komponen sel :

·      sel hidup

·      sel mati

Mengamati 

·         Mengamati video/gambar mengenai komponen-komponen penyusun sel serta membandingkan dengan menggunakan referensi

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan mengenai sifat, struktur penyusun dan komposisi sel

Esperimen /Eksplorasi

·         Melakukan kajian pustaka mengenai struktur  penyusun  dan  komponen sel

·         Membedakan sel berdasarkan sifat, struktur penyusun dan komposisi dengan menggunakan referensi

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data hasil eksperimen

Komunikasi

·         Mempresentasikannya hasil diskusi/eksperimen

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/

eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·      Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

·   Referensi yang terkait

·   e-dukasi.net

 

 

 

 

4.12 Mengidentifikasi berbagai jenis sel hidup dan mati berdasarkan struktur dan  komponen sel.

 

3.13 Memahami jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone

 

 

Enzim dan hormon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati

·         Membaca/mempelajari jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone.

·         Berbagai peristiwa sifat, fungsi dan cara kerja enzim dan hormon

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan perbedaan antara jenis, fungsi dan cara kerja enzim dan hormon

Esperimen /Eksplorasi

·         Melakukan kajian pustaka mengenai jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone

·         Melakukan percobaan cara kerja enzim secara sederhana

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai jenis, fungsi, cara kerja enzyme dan hormone

Komunikasi

·         Mempresentasikan hasil eksperimen.

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

 

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

 

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·      Tes unjuk kerja

3 x 2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·         Bahan praktek untuk enzim dan hormone

·         Alat praktek untuk

·         Referensi yang terkait

·         e-dukasi.net

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.13 Mengidentifikasi kerja enzim dan hormone dibidang pariwisata

3.14 Menerapkan konsep difusi dan osmosis di bidang pariwisata

 

 

Difusi dan Osmosis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati

·         Membaca/mempelajari konsep difusi dan osmosis

·         Berbagai peristiwa difusi dan osmosis dibidang pariwisata

Menanya

·         Mengajukan pertanyaan perbedaan difusi dan osmosis dibidang pariwisata

Esperimen /Eksplorasi

·         Melakukan kajian pustaka mengenai konsep difusi dan osmosis di bidang pariwisata

·         Melakukan percobaan difusi dan osmosis dibidang pariwisata.

Asosiasi

·         Mengolah, menyajikan, menginterpretasikan dan menyimpulkan data mengenai difusi dan osmosis

Komunikasi

·         Mempresentasikan hasil diskusi/eksperimen

Observasi

Lembar pengamatan sikap kegiatan pembelajaran (Mengamati,menanya,mengeksplorasi/eksperimen, mengasosiasi,mengkomunikasikan)

Portofolio

Laporan tertulis kelompok/individu kegiatan eksperimen/ekplorasi dan presentasi

Tes

·         Tes tertulis  mengenai penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran, membaca alat ukur

·      Tes unjuk kerja

 2 x 2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·         Bahan praktek difusi dan osmosis

·         Alat praktek difusi dan osmosis

·         Referensi yang terkait

·         e-dukasi.net

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.14 Mengevaluasi peristiwa difusi dan osmosis di bidang pariwisata

 

                                                                                                      Antiga, 10 Juli 2021
Mengetahui,                                                                                  Guru Mata Diklat,



I Nyoman Wage, S.Pd.                                                                 I Made Eka Sulantara, S.Pd., M.Pd.


Silabus ini dapat diunduh dalam bentuk PDF ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Makromolekul I

PENGANTAR             Kerjakan soal makromolekul berikut sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Ingat jangan sampai salah memasuka...